8 Tempat Wisata di Garut Kembali Dibuka Jelang New Normal

Tempat Wisata di Garut
Tempat Wisata di Garut

Garut adalah salah satu kota di Jawa Barat, yang memiliki beragam wisata alam indah nan mempesona. Setelah berbulan – bulan berada di rumah akibat pandemi COVID-19, memasuki era new normal tidak ada salahnya untuk sejenak menyegarkan pikiran kembali dengan mengunjungi beberapa tempat wisata di Garut. Keindahan alam Garut pastinya akan menjadi obat mujarab untuk menghilangkan rasa jenuh dan penat.

Berbatasan langsung dengan kabupaten Sumedang, Tasikmalaya, dan Majalengka juga Cianjur serta Bandung, beberapa destinasi wisata di Garut akan mulai dibuka pada Juni 2020, kecuali wisata air seperti kolam renang. Secara administratif, Garut memiliki luasan wilayah sekitar 306.519 hektar, yang mana sebagian wilayahnya adalah pegunungan, kecuali disebagian pantai selatannya yang berupa dataran rendah yang sempit.

Sudah tak sabar ingin berlibur? Berkunjung ke Garut setelah pandemi COVID-19 adalah waktu yang tepat. Namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang baik dan benar agar terhindar dari penulasan COVID-19.

8 Tempat Wisata di Garut Kembali Dibuka Jelang New Normal

Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas

Beralamatkan di Wanajaya, tepatnya di jalan Talaga Bodas No 05, Sukamenak, Garut, Jawa Barat 44183, inilah tempat wisata di Garut yang menarik untuk dikunjungi saat new normal. Buka mulai pukul 07.00 – 17.00, Kawah Talaga Bodas di Garut menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan. Uniknya, Kawah Talaga Bodas ternyata mirip dengan wisata Kawah Putih yang ada di Pangalengan, Bandung.

Tempat wisata Garut yang terbaik dan populer ini menawarkan pemandangan air yang begitu jernih dan bersih. Untuk bisa sampai ke lokasi wisata, tiap pengunjung atau wisatawan harus melakukan trekking terlebih dulu. Sembari duduk santai di tepian telaga yang dipenuhi oleh rumput – rumput nan hijau, Anda bisa sekaligus mencuci mata dengan melihat pemandangan megah pegunungan Sidahurip.

Leuwi Jurig

Wisata Leuwi Jurig adalah di Unnamed Road, atau tepatnya di dusun Rupit, desa Bojong, Bungbulang, Garut, Jawa Barat. Ini merupakan salah satu tempat wisata bagi pecinta adrenalin. Bagaimana tidak, untuk bisa sampai ke lokasi wisata bukan perkara yang mudah. Tiap pengunjung terlebih dulu harus melewati jalanan yang terjal dan menanjak.

Leuwi Jurig memiliki kedalaman air yang ada pada kisaran 1 – 2 meter di beberapa titik. Namun meskipun demikian Anda tetap harus berhati – hati, sebab beberapa titik lain ada yang memiliki kedalaman hingga 10 meter lebih. Jika Anda tidak memiliki keahlian dalam berenang, disarankan untuk tidak berenang di Leuwi Jurig.

Leuwi Tonjong

Meskipun memiliki nama yang hampir sama dengan wisata Leuwi Jurig, tetapi Leuwi Tonjong sangatlah berbeda. Buka mulai pukul 07.30 – 17.24, tempat wisata di Garut ini beralamatkan di Jayamukti, Cihurip, Garut, Jawa Barat 44173.

Uniknya, Leuwi Tonjong memiliki danau yang begitu indah dan mempesona. Dimana air danaunya berwarna hijau yang sangat jernih dan diapit oleh tebing – tebing yang menjulang tinggi. Selai itu, Leuwi Tonjong juga memiliki celah – celah berukuran cukup besar, sehingga bisa dilalui oleh perahu kecil. Jika Anda ingin melihat pemandangan air terjun dari jarak dekat, maka Anda bisa menaiki perahu kecil yang tersedia di tempat tersebut.

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan
Gunung Papandayan

Ini adalah gunung api strato terbaik di Indonesia yang bisa ditemukan di kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung Papandayan tepatnya ada di Cisurupan dan memiliki ketinggian sekitar 1.665 meter dari atas permukaan laut. Dikenal sebagai salah satu gunung terbaik yang cocok bagi pendaki pemula, Gunung Papandaya menyuguhkan beragam pemandangan alam yang memukau.

Taman wisata alam Garut ini akan segera dibuka kembali pada Juni 2020, seiring dengan resminya pembukaan kembali pariwisata di kabupaten Garut lainnya. Memiliki medan yang landai, sehingga membuatnya cocok untuk pendaki pemula. Berkunjung ke Gunung Papandayan Anda akan mendapati air dari titik – titik persediaan air bersih yang akan terus mengalir sepanjang masa. Tentunya air tersebut berasal dari mata air pegunungan Papandayan langsung.

Gunung Cikuray

Tempat wisata di Garut yang paling difavoritkan dan akan segera dibuka jelang new normal adalah Gunung Cikuray. Ini merupakan gunung tipe stratovolcano yang ada di Dayeuhmanggung, Garut, Jawa Barat. Memiliki ketinggian sekitar 2.821 meter dari atas permukaan laut, Gunung Cikuray sampai saat ini memiliki kawah aktif dan merupakan gunung tertinggi ke-4 di Jawa Barat.

Kendati memiliki pemandangan yang begitu indah, Gunung Cikuray ternyata memiliki medan yang begitu curam. Bagi Anda yang sudah terbiasa mendaki mungkin tidak akan menemukan masalah saat mendaki Gunung Cikuray tersebut. Terlepas dari hal tersebut, ketika akan mendaki disarankan agar sejenak berkunjung ke desa Cigedug. Di desa inilah Anda akan menemukan tradisi minum teh yang unik dan biasanya disebut dengan “nyaneut”.

Pantai Sayang Heulang

Ini dia wisata pantai di Garut yang indah wajib Anda kunjungi jelang new normal. Alamat Pantai Sayang Heulang ada di Cijambe, Cikelet, Garut, Jawa Barat 44177. Di Pantai Sayang Heulang ada banyak spot foto keren yang wajib banget diabadikan lewat kamera kesayanganmu.

Pantai yang letaknya berdekatan dengan Pantai Santolo tersebut tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah, tetapi juga memiliki hamparan pasir pantai yang landai, karang yang begitu eksotis, dan lain – lain. Buat Anda yang merupakan salah satu penggemar wisata regili, di pantai ini Anda juga bisa berkunjung ke makan Prabu Geusan Ulun.

Pantai Santolo

Cari tempat wisata Garut murah? Pantai Santolo adalah jawaban tepatnya. Ya, untuk berkunjung ke tempat wisata di Garut tersebut wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk Pantai Santolo sebesar Rp 5.000,00 per orang. Berada di kecamatan Cikelet, Pantai Santolo Garut hanya berjarak sekitar 88 km dari pusat kota Garut. Pantai Santolo dikenal sebagai destinasi wisata keluarga di Garut dan sekitarnya.

Sama seperti kebanyakan pantai – pantai indah di Garut, Pantai Santolo juga memiliki pasir putih yang halus dan bersih. Meskipun letaknya berdekatan dengan Pantai Sayang Heulang, Pantai Santolo tetap memiliki tempat di hati pecintanya. Ada berbagai kegiatan wisata menarik di Pantai Santolo, beberapa diantaranya seperti berikut.

  • Naik perahu
  • Banana boat
  • Memancing
  • Berenang

Pantai Rancabuaya

Berada di desa Purbayani, Caringin, Garut, Jawa Barat, Pantai Rancabuaya cocok buat Anda yang menyukai pantai. Berbeda dengan kebanyakan pantai di Garut, Pantai Rancabuaya memiliki banyak bebatuan karang besar dan tebing bebatuan yang tinggi.

Selain hiking dan trekking, berkunjung ke Pantai Rancabuaya Anda juga bisa menaiki perahu untuk berkeliling pantai. Uniknya, dari pantai inilah Anda juga bisa melihat langsung batasan pantai dengan Samudera Hindia. Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di Pantai Rancabuaya adalah berkunjung ke goa kelelawan yang terletak di jurang yang menjulang langsung ke laut.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di Garut kembali dibuka jelang new normal. Semoga informasinya menginspirasi liburanmu.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*