Ini Dia Destinasi Wisata di Banyuwangi yang Tak Boleh Buka Saat New Normal

Destinasi Wisata di Banyuwangi
Destinasi Wisata di Banyuwangi

Menuju new normal, ternyata beberapa destinasi wisata di Banyuwangi tetap tidak boleh dibuka. Alasannya tak lain adalah untuk memutus rantai penyebaran pandemi virus corona, atau COVID-19. Namun tak perlu khawatir, sebab Bupati Banyuwangi yang bernama Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa, tempat wisata Banyuwangi akan segera dibuka kembali pada Juli atau Agustus 2020 mendatang.

Sama seperti di beberapa wilayah lain di Indonesia, dibukanya kembali tempat wisata Banyuwangi pastinya juga akan diberlakukan protokol kesehatan new normal yang ketat. Misalnya, dengan mewajibkan setiap pengunjung atau wisatawan untuk mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman sebagai suatu kebiasaan baru.

Ini Dia Destinasi Wisata di Banyuwangi yang Tak Boleh Buka Saat New Normal

Sembari bersiap dan menunggu hotel di Banyuwangi, serta beberapa travel agen di Banyuwangi yang siap menyambut era new normal, destinasi wisata dan pemerintah Banyuwangi akan terus bersiap untuk melakukan sosialisasi, latihan dan simulasi. Dengan begitu wisatawan yang datang dari berbagai daerah pun jadi merasa nyaman dan aman. Berikut adalah beberapa destinasi wisata di Banyuwangi yang tetap tidak boleh dibuka saat new normal harus Anda tahu.

Pantai Sukamade

Pantai Sukamade
Pantai Sukamade

Ini adalah pantai cantik di Banyuwangi yang menarik tapi sayangnya tidak boleh buka saat new normal.  Destinasi wisata di Banyuwangi tersebut masih ada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, tepatnya ada di desa Sarongan, Pesanggaran. Dikenal sebagai rumah bagi ribuan telur punyi, Pantai Sukamade selalu ramai oleh kunjungan wisatawan dihampir setiap harinya.  Namun akibat pandemi COVID-19, Pantai Sukamade hingga sekarang masih tutup untuk umum.

Salah satu yang menjadi daya tarik utama dari wisata Pantai Sukamade adalah pengunjung bisa menyaksikan proses penyu bertelur secara langsung. Selain itu, dengan menaiki perahu yang telah disiapkan, Anda juga berkesempatan untuk menyaksikan pelepasan tukik atau anak punyu ke laut.

Waduk Sidodadi Glenmore

Pada dasarnya Banyuwangi dikenal dengan keragaman budaya dan wisatanya yang menarik untuk dikunjungi. Nah, salah satu destinasi wisata di Banyuwangi yang wajib dikunjungi adalah Waduk Sidodadi Glenmore. Sebenarnya ini merupakan area pengairan perkebunan tebu PTPN XIII. Dikarenakan memiliki pemandangan alam yang indah, pihak pemilik perusahaan memutuskan utuk mengubahnya sebagai tempat wisata.

Berkunjung ke Waduk Sidodadi Glenmore Anda akan disuguhkan aneka tanaman bunga yang cantik, dan biasanya kerap dijadikan sebagai spot untuk foto selfie maupun swafoto. Tidak hanya itu, ada beberapa aktifitas menarik yang bisa dilakukan di Waduk Sidodadi Glenmore, diantaranya seperti menaiki perahu, seluncur di sepanjang 160 meter, menjelajah kebun buah, menyewa ATV, dan masih banyak lagi. Tiket masuk wisata Waduk Sidodadi Glenmore sangat terjangkau sekali, yakni sekitar Rp 10.000,00.

Bukit Mondoleko

Banyak sekali tempat wisata Banyuwangi yang sayang untuk dilewatkan begitu saja, salah satunya Bukit Mondoleko. Destinasi wisata tersebut masih ada di kawasan pegunungan Raung yang tidak kalah populernya di Banyuwangi. Sayangnya, untuk bisa sampai ke Bukit Mondoleko pengunjung masih harus melakukan perjalanan yang cukup berat, dengan melewati persawahan, menyeberangi sungai, dan menaiki anak tangga.

Tak perlu khawatir, sebab rasa lelah sepanjang perjalanan akan terbanyar lunas begitu sampai di puncak Mondoleko. Dari puncak inilah Anda akan disuguhkan pemandangan pepohonan yang rindang dan persawahan yang dijamin akan sangat menyejukkan mata. Salah satu daya tarik utama tempat wisata di kota Banyuwangi ini adalah jembatan bambu, dimana biasanya dijadikan sebagau spot untuk berfoto – foto atau hanya sekadar menikmati pemandangan dari ketinggian.

Rowo Bayu

Sebenarnya ini merupakan rawa – rawa di Banyuwangi yang dikelilingi oleh hutan lindung. Rowo Banyu ada di ketinggian 800 meter dari atas laut. Alamat wisata Rowo Bayu ada di dusun Sambung Rejo, desa Bayu, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur. Tempat wisata Banyuwangi murah tersebut memiliki cuaca yang menyejukkan, sehingga pas dijadikan tempat untuk melepas rasa jenuh dan penat setelah berbulan – bulan harus diam di rumah akibat COVID-19.

Tepat di bagian tengah rawa ada sebuah telaga cantik di Banyuwangi yang tentu saja akan semakin membuat suasana sekitar semakin asri dan sejuk. Tidak hanya dikenal akan keindahan alamnya, Rowo Bayu juga dikenal dengan nilai sejarahnya yang cukup kental. Konon disalah satu sisi telaganya dijadikan tempat bersemedi oleh Raja Blambangan, Prabu Tawang Alun kala itu ketika merenungi kematian kedua adiknya yang gugur berperang melawan dirinya.

Air Terjun Kalibendo

Air Terjun Kalibendo
Air Terjun Kalibendo

Banyuwangi memang menawarkan beragam destinasi wisata alam yang indah dan menarik untuk dikunjungi, salah satu yang recommended adalah Air Terjun Kalibendo. Alamat Air Terjun Kalibendo ada di desa Kampung Anyar, Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur. Yang mana air terjun masih ada di lingkup Agrowisata Kalibendo Banyuwangi. Untuk berkunjungi wisatawan masih harus menempuh jarak sekitar 15 km dari kota Banyuwangi untuk sampai ke Air Terjun Kalibendo ini.

Meskipun air terjunnya tidak terlalu tinggi, tetapi airnya sangat jernih dan segar. Butuh perjuangan yang cukup untuk sampai lokasi air terjun di Banyuwangi, Anda harus melewati jalanan setapak yang dikelilingi kebun cengkih. Setelah tiba di jembatan kayu, Anda akan disuguhi pemandangan tanaman heterogen dan perbukitan hijau yang pastinya akan sangat memanjakan mata sepanjang memandang.

Air Terjun Jagir

Meski belum dibuka di era new normal, tetapi tidak ada salahnya untuk memasukkan destinasi wisata di Banyuwangi ini ke dalam list liburanmu nanti. Air Terju Jagir atau yang juga disebut sebagai Air Terjun Kembar dan Air Terjun Bersaudara ini adalah salah satu tempat wisata Banyuwangi terbaik yang wajib dikunjungi. Pada air terjun tersebut terdapat tiga sumber air yang berbeda, yakni sumber air jagir, sumber air pawon, dan buyut ijah.

Uniknya, ketiga air terjun tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Bagaimana tidak, air terjun pawon memiliki aliran yang lebih lebar dengan kontur berbatu dan bertingkat. Sementara itu untuk air terjun buyut ijah sendiri hanya berjarak sekitar 10 meteran dan memiliki kolam pemandian yang dibangun warga setempat. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 50 meter dan arus air yang cukup deras.

Gunung Raung

Ini adalah salah satu destinasi wisata Banyuwangi yang populer. Gunung Raung merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur yang bisa ditemukan di kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Gunung Raung memiliki empat buah titik puncak yang bisa didaki, diantaranya sebagai berikut.

  • Puncak bendera
  • Puncak 17
  • Puncak tusuk gigi
  • Puncak sejati

Tidak hanya menawarkan pemandangan yang begitu indah dan mempesona, Gunung Raung juga memiliki kawah berbentuk elips dengan kedalaman hingga 500 meter. Untuk menuju ke Gunung Raung, pengunung harus melewati jalanan cukup ekstrim. Butuh usaha lebih keras untuk bisa menuju puncak Raung. Namun tak perlu khawatir, rasa lelah Anda akan terbayarkan ketika melihat pemandangan eksotis dari kawah Gunung Raung.

Nah, itu dia beberapa destinasi wisata di Banyuwangi yang tak boleh buka saat new normal. Semoga informasinya bermanfaat dan menginspirasi liburanmu nanti.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*